Mia's Jewelry Blog
 
 
 
Jewelry Articles and News
 
  • Memulai Usaha Sendiri: Motivasi
  • Merawat Mutiara
  • Tips menentukan panjang kalung dan gelang
  • Intelectual Property
  • Tips Membuat Foto Cantik
  • More on News and Articles
  • Jewelry Basics
     
  • Beading Wire Vs. Wire
  • Membuat loop sederhana
  • Membentuk loop lilit
  • Membuka dan Menutup Jump Ring
  • Memasang Crimp Bead dengan flat nose plier
  • More on Jewelry Basic
  • Jewelry Tools
  • Aneka Tang
  • Jewelry Materials
  • Manik Buatan Tangan
  • Manik Kristal Gelas
  • Manik Mutiara
  • Manik Batu Semi Mulia
  • More on Jewelry Materials
  • Other Jewelry Techniques
  • Polymer Clay beads
  • Metal Smith - Wax Carving
  • Chain Mail
  • Glass Fusing Beads
  • Making Stronger Brooch
  • Books and MagĀ“s review
  • 1,000 Jewelry Inspiration
  • Buku: Easy Beading Vol.4
  • Membuat aksesoris dari manik-manik
  • Bead and Buttons Magazine
  • Crafting for Dollars
  • Get Started Beading
  • Beadstyle Magazine
  • Mia di Chic
  • Membuat Perhiasan Manik-manik
  • Free Jewelry Projects
     
  • Gantungan Handphone
  • Anting Panjang Manik Ceko dan Manik Swarovski
  • Kalung Ilusi Manik Mutiara dan Manik Swarovski
  • Gelang Elastik Manik India, manik Ceko dan manik Swarovski
  • Gelang Tali Katun Berbandul Banyak
  • Gallery and Shop
     
  • Shop: Gelang Cantik All Swarovski Beads
  • Gallery
  • shop
  • Join Mailing List Manik2Cantik
     
    Subscribe to Manik2Cantik
    Powered by groups.yahoo.com
    Events and Classes
     
  • M2C Bead Sunday
  • Ultah Manik2Cantik I
  • Workshop Intern Manik2Cantik
  • Workshop Intern M2c
  • Festival Cisadane 2007
  • Laporan Workshop Intern Manik2Cantik
  • Workshop Intern Bulan Juli
  • Manik2Cantik websites
     
  • Make it, Love it, Wear it, by Mia
  • Manik2Cantik Groups on Facebook
  • Manik2Cantik Page on Facebook
  • M2C Events Blog, by Eno
  • Manik-manik Cantik on Multiply, by Imelda
  • Member of:


    Mybeadpoint
    Credits

  • Free Blogger Templates

  • BLOGGER

  • Subscribe to this blog
  • Directory of Crafts Blogs

  • blog search directory

  • Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory

  • Subscribe with Bloglines

  • Tips agar bros tidak menunduk saat dipakai
    Saturday, August 30, 2008

    Nah manikers, salah satu masalah yang sering terjadi saat buat bros adalah, setelah desain kita nan cantik itu kita pasangkan di baju, eh ternyata jatuhnya miring, atau menunduk, sehingga kecantikannya agak berkurang. Sedih ya...pasti!.
    Tapi memang hal tersebut sudah merupakan maslah yang biasa terjadi pada saat buat bros.

    Bagaimana menghindarinya? yuk coba simak tips-tips dari teman2 di milist Manik2Cantik.

    (Ki)
    dari pengalaman, ada beberapa hal yang bikin bros kita nunduk
    1) ukuran peniti atau sarang bros tidak seimbang dengan berat bros.
    Di beberapa model bros kadang manik-maniknya di desain keluar dari sarang,
    misalnya : saya biasa menggunakan sarang 2,5 cm untuk bros dengan diameter 7
    cm. Nah kalau pada desain ini bahannya lebih berat di salah satu sisi, maka
    kemungkinan besar akan terjadi bros nunduk itu ^_^

    untuk menghindarinya, sebaiknya pilih sarang yang lebih besar, dengan peniti
    yang lebih lebar... dengan penopang lebih kuat ini diharapkan sih nggak
    nunduk lagi. Atau posisikan bagian yang paling berat di bawah (saat
    dikenakan) dengan begini kemungkinan bros jadi nunduk juga lebih kecil. Atau
    kalau posisi bros di bagian atas memang lebih besar seimpangkan dengan
    ornamen kecil di bawahnya... misal menambahkan rantai yang menjuntai atau
    kawat di coiling sebagai aksen.

    Saya sendiri selain menerapkan cara diatas juga menggunakan alternatif lain,
    yakni mebuat bros yang memiliki berat seimbang di smeua sisi, walaupun
    resikonya bros kita jadi terkesan agak monoton (tapi keuntungan lainnya
    kalau dipake terbalik orang nggak akan tau hehehehehe....)

    2) Cara penggunaan bros yang kurang tepat
    maksudnya, kalau bros yang kita pakai sudah jelas berdiameter besar sebaiknya disematkan pada kain yang cukup tebal/keras seperti misalnya pada blazer. Lha kalau ke pesta kan jarang pake blazer ki ^_^. nah kalau kondisinya gitu bisa juga kita sematkan bros berukuran besra ini pada clutch/tas tangan berbahan kain. Kalau tas tangannya nggak bisa dipasnagin bros gimana ^_^ tenang... sekarang kan lagi ngetrend menggunakan potongan kain kecil/sejenis obi di pinggang, nah kain yang digunakan biasanya berjenis lebih tebal... bisa juga dipasangin bros untuk makin mempercantik
    penampilan

    Saya sendiri karena masih punya balita, suka nggak telaten make obi atau bawa clutch, saya ngakalin nya dengan menyematkan bros berukuran besar ini di atas jilbab saya, jadi penitinya menusuk ke bagian topi (yang buat ngebntuk jilbab) jadi kain nya lebih tebal dan karena posisinya nggak langsung tegak lurus brosnya jadi nggak begitu nunduk lagi ^_^

    Tips lainnya
    sebaiknya pada saat memilih bahan untuk bikin bros tidak hanya karena lucu dan keren, tapi juga perlu dipertimbangankan ukuran serta berat dari manik-manik tersebut. Dari pengalaman kadang saya bikin bros yang cantik saat dilihat tapi kurang nyaman saat dikenakan ^_^ karena kok makenya susah banget ya, penitinya kekecilan, maniknya terlalu berat, biasanya ini saya kategorikan ke dalam bros gagal.

    (Yo)
    Jika hanya pake peniti aja (tanpa sarangan) sebaiknya peniti dipasang agak ke atas, jangan terlalu ke bawah. Jika pakai sarangan, pilih yg penitinya ditempel agak ke atas (ada sarangan yg penitinya dipasang di tengah2 lingkaran, ini berpotensi bros
    nunduk)

    (Ru)
    Posisi bros tergantung penitinya, coba di cek peniti yg menempel pada sarangan. Supaya tidak nunduk posisi bros harus di 1/3 lingkaran jadi tidak di tengah persis. Posisi peniti di tengah yg bikin bros nunduk n gak cantik lagi deh. Untuk saringan diameter besar (4 cm ) posisi peniti udah agak keatas(diubah dari pabriknya). Untuk yg ukuran kecil posisi masih di tengah, jd kalo bikin bros dipikir jg distribusi maniknya harus merata spy gak berat sebelah.


    Salam Manik!
    MG

    Labels:

    posted by Mia @ 2:43 AM  
    0 Comments:
    Post a Comment
    << Home
     
     
     
     
     
     
     
     
    About Mia Gofar

    I am a mother of 3 handsome boys, enjoys beads and beaded jewellery and starting producing them since 6 years ago. More about me>.
    About This Blog
    This blog is dedicated to my fellow Indonesian who loves beads and beaded jewelry and other beaded accessories. I hope it helps to open up ourselves to the bead worlds and to give us a higher appreciation to our handcrafted works.
    Terms on Using This Blog
    Aturan Penggunaan Weblog Manik Cantik
    Links
  • Make it, Love it, Wear it, by Mia
  • Mia's Personal pages
  • Manik Cantik Bookstore
  • Recommended books
    Message Box
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Previous Posts