Mia's Jewelry Blog
 
 
 
Jewelry Articles and News
 
  • Memulai Usaha Sendiri: Motivasi
  • Merawat Mutiara
  • Tips menentukan panjang kalung dan gelang
  • Intelectual Property
  • Tips Membuat Foto Cantik
  • More on News and Articles
  • Jewelry Basics
     
  • Beading Wire Vs. Wire
  • Membuat loop sederhana
  • Membentuk loop lilit
  • Membuka dan Menutup Jump Ring
  • Memasang Crimp Bead dengan flat nose plier
  • More on Jewelry Basic
  • Jewelry Tools
  • Aneka Tang
  • Jewelry Materials
  • Manik Buatan Tangan
  • Manik Kristal Gelas
  • Manik Mutiara
  • Manik Batu Semi Mulia
  • More on Jewelry Materials
  • Other Jewelry Techniques
  • Polymer Clay beads
  • Metal Smith - Wax Carving
  • Chain Mail
  • Glass Fusing Beads
  • Making Stronger Brooch
  • Books and MagĀ“s review
  • 1,000 Jewelry Inspiration
  • Buku: Easy Beading Vol.4
  • Membuat aksesoris dari manik-manik
  • Bead and Buttons Magazine
  • Crafting for Dollars
  • Get Started Beading
  • Beadstyle Magazine
  • Mia di Chic
  • Membuat Perhiasan Manik-manik
  • Free Jewelry Projects
     
  • Gantungan Handphone
  • Anting Panjang Manik Ceko dan Manik Swarovski
  • Kalung Ilusi Manik Mutiara dan Manik Swarovski
  • Gelang Elastik Manik India, manik Ceko dan manik Swarovski
  • Gelang Tali Katun Berbandul Banyak
  • Gallery and Shop
     
  • Shop: Gelang Cantik All Swarovski Beads
  • Gallery
  • shop
  • Join Mailing List Manik2Cantik
     
    Subscribe to Manik2Cantik
    Powered by groups.yahoo.com
    Events and Classes
     
  • M2C Bead Sunday
  • Ultah Manik2Cantik I
  • Workshop Intern Manik2Cantik
  • Workshop Intern M2c
  • Festival Cisadane 2007
  • Laporan Workshop Intern Manik2Cantik
  • Workshop Intern Bulan Juli
  • Manik2Cantik websites
     
  • Make it, Love it, Wear it, by Mia
  • Manik2Cantik Groups on Facebook
  • Manik2Cantik Page on Facebook
  • M2C Events Blog, by Eno
  • Manik-manik Cantik on Multiply, by Imelda
  • Member of:


    Mybeadpoint
    Credits

  • Free Blogger Templates

  • BLOGGER

  • Subscribe to this blog
  • Directory of Crafts Blogs

  • blog search directory

  • Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory

  • Subscribe with Bloglines

  • Memotivasi Diri Menjadi Pengusaha Manik-Manik
    Saturday, January 24, 2009
    Dear Manikers,
    Ini salah satu tulisan Kikie, member Manik2Cantik milist, yang seijin sang penulis saya masukkan kesini. Cukup menarik untuk disimak..
    Have a nice Saturday everyone...

    ........................


    Dear Manikers pernah nggak ngerasa seperti ini :
    "Duh... aku lagi BeTe berat nih, padahal minggu lalu baru dari mangga dua,
    belanja habis-habisan... maksud hati sih mau mulai serius lah bisnis
    aksesoris... eh sekarang tiba-tiba aja ngerasa nggak mood buat ngeronce.
    Nah lho kebayang donk... tuh manik-manik belum diapa-apain, duit sudah
    habis, modal tak kembali...
    suami sih nggak ngomel... tapi jadi nggak enak sendiri nih sekarang...
    cuma untuk mulai lagi kok susah ya... nggak dapet feelnya gitu deh"
    (Hehehe... duh kok banyak yang angkat tangan lagi ngerasa hal yang sama ya)

    tapi ini perasaan yang wajar kok sahabat ^_^
    kalau kita masih menekuni dunia ronce meronce ini sebagai hobi/pengisi waktu
    luang/ kegiatan iseng-iseng cari kesibukan. Perasaan gak mood, males, mati
    ide dan saudara-saudaranya... jadi hal yang sangat wajar terjadi. Saya
    sendiri juga sering meerasakan hal ini

    Tapi coba kita ketemu dengan mereka-mereka yang sudah menjadikan ini sumber
    mata pencaharian satu-satunya, yang gak akan bisa bayar uang sekolah anaknya
    kalau nggak ada kalung yang laku terjual... atau terancam harus puasa 7x
    seminggu seandainya libur jualan manik-manik.. rasanya tiada hari tanpa
    manik-manik lho pren ^_^ mau lagi hujan deres, tanggal tua sepi pembeli,
    atau bahkan lagi nggak enak body teteup...manik-manik jadi hal utama yang
    selalu dikerjakan. Mereka bilang, kalau ide baru nggak muncul.. bikin lagi
    aja aksesoris dengan ide yang lama dalam nuansa warna beda... pokoknya tiada
    hari tanpa produksi.

    Tapi apa iya ya, kita yang masih baru belajar jadi pengusaha ini nggak bisa
    ikutan punya semangat seperti mereka yang sudah manjadikan manik-manik
    bagian kehidupannya ^_^ ah sapa bilang nggak bisa sahabat, ada banyak cara
    kok untuk menunbuhkan motivasi itu diantaranya sbb:

    1) Temui Nyonya atau Tuan Sinis
    Pernah nggak punya kenalan yang suka memandang sinis semua yang kita
    kerjakan?
    "deu paling males dah kie ketemu orang gitu... bisanya cuma memandang rendah
    orang lain"
    Kalau gitu temui orang itu sekarang, dan ceritakan tentang rencana kita
    untuk memulai usaha ini sahabat... ^_^ Percaya atau enggak, kadang rasa
    sakit hati karena di anggap tidak mampu, bisa jadi motivator paling handal
    my pren. Dan orang-orang ini bukan berarti musuh kita lho, bisa jadi mereka
    justru orang terdekat kita seperti sahabat, pasangan, orang tua... yang
    berani jujur berkata apa adanya ^_^

    2) Hasrat Besar pengen punya uang sendiri
    Walaupun mungkin kita termasuk wanita yang beruntung, punya suami-suami yang
    royal atas pengeluaran kita... tapi teteup sensasi punya uang dari hasil
    jerih payah sendiri akan terasa sangat berbeda ^_^ Bukan hanya karena kita
    bisa membelanjakannya sesuka hati... tapi dengan uang yang kita hasilkan
    sendiri kita nggak perlu mikir dua kali untuk memberikan hadiah pada
    orang-orang tercinta: orangtua, saudara, guru, ponakan, sahabat.. serta
    mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Dan bisa melihat orang lain
    bahagia karena pemberian kita bener-bener jadi sesuatu yang luar biasa...

    Keuntungan plus lainnya, dengan merasakan sendiri susahnya menghasilkan
    uang... kita jadi semakin menghargai uang itu sendiri lho pren ^_^ menjadi
    lebih bijaksana membelanjakan uang.

    3) Sadari bahwa mereka punya (penghasilan tambahan) karena kita (ada
    kerjaan)
    Walaupun sepintas terlihat seperti usaha rumahan biasa, tapi saat ditekuni
    dengan sungguh-sungguh bisa jadi akan ada banyak orang yang secara tidak
    langsung bergantung pada bisnis kita lho sahabat ^_^
    misalnya saja kalau Koleksikikie, punya :
    - Mbak Nur : asisten rumah tangga saya yang juga karyawati utama
    koleksikikie ^_^ mbak nur ini sudah jago lho bikin gelang, kalung name tag
    dan aksesoris sederhana, untuk tiap pekerjaan yang dihasilkan.. mbak nur
    dapet ongkos kerja yang tak jarang lebih besar dari gaji pokoknya ^_^
    - Yana : pelajar SMEA yang sehari-hari bertugas mengemas bahan manik-manik
    dari berat kiloan jadi bungkusan yang lebih kecil. Tugas yang berat lho
    pren... karena, jenuh lho ngitung manik-manik tanpa henti dalam jangka waktu
    tertentu..
    - Bang agus, yang bertugas melakukan penjemputan bahan dari suplier kalau
    agen utama alias saya sendiri berhalangan hehehe...
    - Abang tukang jahit kelliling komplek yang namanya tak ingin disebut
    hehehe.. tugasnya njahit tas kain yang jadi kemasan pembungkus kalung
    Belum lagi ada mas penjahit clutch, pembuat box kemasan, suplier
    manik-manik, kurir pengiriman barang
    jadi bisa dibayangkan kalau saya kerjanya males-malesan, maka ada sekian
    banyak orang yang akan berkurang penghasilan perbulannya. Duh langsung deh
    jadi merasa bersalah kalau lagi males bangun tengah malem...
    Semangaaaaaaaattt

    4) BikinTarget Pribadi
    Tahun 2015 mau naik haji, bikin tabungan haji, iurannya perbulan sekian
    ratus ribu... mau nggak mau kita harus semangat, minimum bisa ngumpulin uang
    buat bayar iuran tabungan bulanan. Kalau lagi nggak pede, cepet-cepet ambil
    kaca dan yakinkan kalau kita bisa... harus bisa dan pasti bisa... (hehehe...
    jadi kaya motto kantor lama saya nih)

    Hehehe kesannya buku banget ya, tapi saya justru belajar ini dari ibu saya,
    seorang istri pegawai negeri yang menghabiskan sepanjang hidupnya dengan
    hidup hemat demi bisa tenang di masa tua... dan menurut saya, ibu sudah
    berhasil.
    Jadi dengan penuh percaya diri saya pun membuat target pribadi, dari yang
    satu bulanan, satu tahunan, sampe sepuluh tahunan... dan jangan lupa untuk
    menceritakan cita-cita kita ini ke orang-orang, supaya kita makin terpacu
    untuk membuat langkah-langkah nyata mewujudkan cita-cita itu...(yang
    mungking saja salah satu diantaranya adalah mendapatkan segenggam berlian,
    tebak target 10 tahun lagi atau target bulan depan... hahahaha)


    Manikers... ini sedikit sharing untuk menambah semangat ^_^
    tulisan yang sama (dalam redaksi kalimat yang lebih gaul hehehe) juga saya
    muat di http://koleksikikie.multiply.com
    salam hangat,
    kikie

    --
    posted by Mia @ 1:41 AM  
    0 Comments:
    Post a Comment
    << Home
     
     
     
     
     
     
     
     
    About Mia Gofar

    I am a mother of 3 handsome boys, enjoys beads and beaded jewellery and starting producing them since 6 years ago. More about me>.
    About This Blog
    This blog is dedicated to my fellow Indonesian who loves beads and beaded jewelry and other beaded accessories. I hope it helps to open up ourselves to the bead worlds and to give us a higher appreciation to our handcrafted works.
    Terms on Using This Blog
    Aturan Penggunaan Weblog Manik Cantik
    Links
  • Make it, Love it, Wear it, by Mia
  • Mia's Personal pages
  • Manik Cantik Bookstore
  • Recommended books
    Message Box
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Previous Posts